Menggunakan tammbahan (Mau mengulang atau tidak)
Script nya menggunakan Turbo Pascal for Windows 1.5 adalah sebagai berikut...
program segi3lingkaran;
uses wincrt;
var XA,XB,XC,YA,YB,YC,AB,AC,BC,L,S,Rd,Rl:real;
pilih:char;
label baca;
begin
baca:
clrscr;
Writeln ('Selamat datang di program Geometri');
Writeln ('Dengan sub Tema Segitiga dan Lingkaran');
Writeln ('Dengan koordinat segitiga yang sudah diketahui, kita dapat menentukan lingkaran dalam');
Writeln (' serta lingkaran luar dari sebuah segitiga');
Writeln ('Oleh karena itu, silahkan masukkan koordinat seitiga tersebut');
Write ('A( , )'); gotoxy(3,7); read(XA);gotoxy(7,7); readln (YA);
Write ('B( , )'); gotoxy(3,8); read(XB);gotoxy(7,8); readln (YB);
Write ('C( , )'); gotoxy(3,9); read(XC);gotoxy(7,9); readln (YC);
AB:=sqrt(sqr(XA-XB)+sqr(YA-YB));
AC:=sqrt(sqr(XA-XC)+sqr(YA-YC));
BC:=sqrt(sqr(XB-XC)+sqr(YB-YC));
Writeln ('Panjang AB yang anda maksud adalah ',AB:5:3);
Writeln ('Panjang AC yang anda maksud adalah ',AC:5:3);
Writeln ('Panjang BC yang anda maksud adalah ',BC:5:3);
Writeln (' ');
Writeln ('Bagaimana? Bagus bukan? :) Mari kita lanjutkan ke lingkarannya');
Readln;
Writeln ('Check this out! ....');
Writeln (' ');
S:=(AB+AC+BC)/2;
L:=sqrt(S*(S-AB)*(S-AC)*(S-BC));
Rd:=L/S;
Rl:=(AB*BC*AC)/(4*L);
Writeln ('Jari Jari lingkaran dalam tersebut adalah ',Rd:5:3);
Writeln (' ');
Writeln ('Lalu bagaimana dengan lingkaran luarnya?') ;
Writeln ('(tekan ENTER untuk melanjutkan)...');
Readln;
Writeln ('Jari-jari lingkaran luar tersebut adalah ',Rl:5:3);
writeln;
write ('Mau melanjutkan? (Y/T): ');readln(pilih);
if (pilih='Y') or (pilih='y') then goto baca;
Writeln('Program anda sudah selesai.... terimakasih :) ');
donewincrt;
end.
Sekian... selamat menunggu perkembangannya :)
Script nya menggunakan Turbo Pascal for Windows 1.5 adalah sebagai berikut...
program segi3lingkaran;
uses wincrt;
var XA,XB,XC,YA,YB,YC,AB,AC,BC,L,S,Rd,Rl:real;
pilih:char;
label baca;
begin
baca:
clrscr;
Writeln ('Selamat datang di program Geometri');
Writeln ('Dengan sub Tema Segitiga dan Lingkaran');
Writeln ('Dengan koordinat segitiga yang sudah diketahui, kita dapat menentukan lingkaran dalam');
Writeln (' serta lingkaran luar dari sebuah segitiga');
Writeln ('Oleh karena itu, silahkan masukkan koordinat seitiga tersebut');
Write ('A( , )'); gotoxy(3,7); read(XA);gotoxy(7,7); readln (YA);
Write ('B( , )'); gotoxy(3,8); read(XB);gotoxy(7,8); readln (YB);
Write ('C( , )'); gotoxy(3,9); read(XC);gotoxy(7,9); readln (YC);
AB:=sqrt(sqr(XA-XB)+sqr(YA-YB));
AC:=sqrt(sqr(XA-XC)+sqr(YA-YC));
BC:=sqrt(sqr(XB-XC)+sqr(YB-YC));
Writeln ('Panjang AB yang anda maksud adalah ',AB:5:3);
Writeln ('Panjang AC yang anda maksud adalah ',AC:5:3);
Writeln ('Panjang BC yang anda maksud adalah ',BC:5:3);
Writeln (' ');
Writeln ('Bagaimana? Bagus bukan? :) Mari kita lanjutkan ke lingkarannya');
Readln;
Writeln ('Check this out! ....');
Writeln (' ');
S:=(AB+AC+BC)/2;
L:=sqrt(S*(S-AB)*(S-AC)*(S-BC));
Rd:=L/S;
Rl:=(AB*BC*AC)/(4*L);
Writeln ('Jari Jari lingkaran dalam tersebut adalah ',Rd:5:3);
Writeln (' ');
Writeln ('Lalu bagaimana dengan lingkaran luarnya?') ;
Writeln ('(tekan ENTER untuk melanjutkan)...');
Readln;
Writeln ('Jari-jari lingkaran luar tersebut adalah ',Rl:5:3);
writeln;
write ('Mau melanjutkan? (Y/T): ');readln(pilih);
if (pilih='Y') or (pilih='y') then goto baca;
Writeln('Program anda sudah selesai.... terimakasih :) ');
donewincrt;
end.
Sekian... selamat menunggu perkembangannya :)
Comments
Post a Comment