program tebakbil;
uses wincrt,crt;
var
pilih: char;
bil_acak,tebakan,kesempatan:integer;
label mulai;
begin
mulai:
clrscr;
randomize; {panggil pembangkit bilangan acak}
bil_acak:=random(100) + 1; {hasilkan sebuah bilangan acak yang harus ditebak}
kesempatan:=6; {banyaknya kesempatan menebak}
tebakan:=1000; {beri nama awal tebakan}
writeln ('Saya mempunyai bilangan acak 1-100.');
Writeln ('Cobalah anda tebak!');
while (kesempatan > 0) and (tebakan<>bil_acak) do
begin
readln(tebakan);
if tebakan = bil_acak then
writeln ('Tepat sekali... Anda memang hebat!')
else
begin
dec(kesempatan);
if kesempatan = 0 then
begin
writeln ('Maaf ya... :) Anda kehabisan kesempatan menebak.');
writeln ('Bilangan tersebut adalah ', bil_acak, '.');
end
else
if tebakan > bil_acak then
begin
writeln ('Aduuh... kurang dari pada ',tebakan);
writeln ('Anda masih punya ', kesempatan,' kesempatan menebak.');
end
else
begin
writeln ('Ah lebih besar daripada ',tebakan,'.');
writeln ('Anda masih punya ', kesempatan,' kesempatan menebak.');
end;
end;
end;
writeln;
writeln ('Anda masih ingin bermain lagi? (Y/T)');
readln (pilih); if upcase (pilih)='Y' then goto mulai;
end.
uses wincrt,crt;
var
pilih: char;
bil_acak,tebakan,kesempatan:integer;
label mulai;
begin
mulai:
clrscr;
randomize; {panggil pembangkit bilangan acak}
bil_acak:=random(100) + 1; {hasilkan sebuah bilangan acak yang harus ditebak}
kesempatan:=6; {banyaknya kesempatan menebak}
tebakan:=1000; {beri nama awal tebakan}
writeln ('Saya mempunyai bilangan acak 1-100.');
Writeln ('Cobalah anda tebak!');
while (kesempatan > 0) and (tebakan<>bil_acak) do
begin
readln(tebakan);
if tebakan = bil_acak then
writeln ('Tepat sekali... Anda memang hebat!')
else
begin
dec(kesempatan);
if kesempatan = 0 then
begin
writeln ('Maaf ya... :) Anda kehabisan kesempatan menebak.');
writeln ('Bilangan tersebut adalah ', bil_acak, '.');
end
else
if tebakan > bil_acak then
begin
writeln ('Aduuh... kurang dari pada ',tebakan);
writeln ('Anda masih punya ', kesempatan,' kesempatan menebak.');
end
else
begin
writeln ('Ah lebih besar daripada ',tebakan,'.');
writeln ('Anda masih punya ', kesempatan,' kesempatan menebak.');
end;
end;
end;
writeln;
writeln ('Anda masih ingin bermain lagi? (Y/T)');
readln (pilih); if upcase (pilih)='Y' then goto mulai;
end.
Comments
Post a Comment