Perkuliahan
Ethnomatematika minggu lalu, 11 Februari 2015 telah dimulai. Saya belajar
banyak mengenai budaya yang ternyata terkait dengan pembelajaran matematika.
Ini merupakan bahasan yang menarik karena bagaimana bisa suatu budaya terkait
dengan matematika. Kemudian saya membaca beberapa sumber yang diacu oleh Pak
Marsigit (nama lengkap: Prof. Dr. Marsigit, M.A.) untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Ethnomatematika. Berikut
adalah beberapa sumber yang saya baca guna melengkapi pengetahuan saya
1. 1. Silabus
Ethnomatematika yang saya dapat di staff.uny.ac.id
Ada
empat standar kompetensi yang harus diraih di ethnomatematika. Diantaranya
adalah mengidentifikasi dan mengupas matematika dari sudut pandang etnik dan
budaya, mengembangkan etnik dan budaya berdasarkan matematika, mengembangkan
etnik dan budaya berdasarkan pendidikan matematika, serta mengimplementasikan
etnik dan budaya berdasarkan pendidikan matematika. Dari beberapa standar
kompetensi tersebut harapannya saya akan mampu menguasai dan mengerti dengan
baik bagaimana ethnomathematics.
2. 2. Mencari
Solusi Mengatasi Krisis Bangsa Melalui Pendidikan di academia
Dari
file yang di post di academia.edu ini, saya mendapati bahwasanya Indonesia
merupakan medium human development menurut
AFTA 2015 dalam Tabel Human Development
Index (HDI) 2012 Indonesia masih berada di bawah Malaysia yang berada di High human Development. Hal ini sedikit
memilukan mengingat dulu Indonesia memberikan guru untuk bangsa Malaysia dan
sekarang justru kita yang harus banyak belajar dari Malaysia.
Dari
file ini juga digambarkan bahwa masih banyak dosa pendidikan yang harus
dihapuskan. Oleh karena nya, generasi muda harus bekerja keras untuk menghapus
dosa pendidikan di masa lalu.
Dari
file ini juga diberikan solusi untuk mengatasi krisis bangsa yaitu melalui
politik dan ideologi pendidikan demokrasi pancasila. Dan satu hal yang saya
garis bawahi lagi adalah bahwasanya guru harus bisa menjadi “Ing ngarsa sung
tulahda, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”.
3. 3. Beberapa
artikel di powermathematics.blogspot.com
a. Elegi
permintaan si murid cerdas kepada guru matematika
b. Lesson
study di Universitas
c. Hasil
Observasi dan Refleksi Pembelajaran Matematika pada kegiatan Lesson Study di
Kecamatan Bantul (2013-2014)
d. Peta
Filsafat dan Ideologi Pendidikan
4. 4. Hasil
pencarian google
Setelah
saya cari di google dengan kata kunci nama bapak, saya melihat aktifitas yang
juga cukup tinggi di dunia maya. Yang paling awal muncul adalah blog
powermathematics.blogspot.com dan selanjutnya ada staff.uny.ac.id,
uny.academia.edu, slideshare.net, linkedin.com, twitter.com bahkan di artikel
koran koran online. Saya sangat mengapresiasi kontribusi bapak dalam dunia
pendidikan. harapannya Bapak mampu menjadi salah seorang penggerak pendidikan
yang terkenal di dunia.
5. 5. Pertanyaan
a. Bagaimana
ethnomatematika memiliki peran yang sangat penting dalam matematika sedemikian
sehingga anak anak usia dini termasuk di sekolah dasar dapat menyukai
matematika?
b. Apakah
ethnomatematika dapat diterapkan dalam seluruh kajian matematika?
Comments
Post a Comment